Wednesday, October 7, 2020

Refleksi - Evaluasi Pembelajaran

 Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran yang berorintasi HOTS ?

  • Mengembangkan soal evaluasi sesuai dengan indikator pembelajaran
  • Mengembangkan soal evaluasi yang memiliki karakter HOTS, seperti 
  1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi 
  2. Bersifat divergen
  3. Menggunakan multirepresentasi 
  4. Berbasis permasalahan konstekstual 
  5. Menggunakan bentul soal beragam
Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangakan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT?
  1. Menentukan aplikasi CBT yang akan digunakan
  2. Memastikan siswa dapat mengakses aplikasi tersebut dengan mudah
  3. Memastikan keamanan aplikasi tersebut untuk siswa
  4. Menyiapkan grafik, ilustrasi yang jelas agar tidak mempersulit siswa dalam memahami soal
Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis  CBT?
  1. soal evaluasi sesuai dengan indikator pembelajaran
  2. soal evaluasi  sudah memenuhi unsur-unsur HOTS,
  3. item tes dipilih secara acak dari kumpulan (bank soal) pertanyaan
  4. diberi batasan waktu untuk mengurangi menghafal soal
  5. skor langsung pada sistem penilaian online
Pada bagian manakah terdapat hal yang menarik  dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini? Apa alasannya. 
Hal yang menarik dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini adalah pada implementasi soal ke aplikasi CBT. Karena harus menggunakan aplikasi yang belum pernah digunakan sebelumnya dan belajar kembali memahami struktur aplikasi yang akan digunakan dalam pembuatan soal.

Kesulitan Apa saja yang Saudara alami dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini?

kesulitan dalam mengembangkan soal HOTS berbasis CBT terutama untuk memenuhi karakter soal HOTS, karena

  1. Soal harus bersifat menganalisis, merefleksi, memberikan argumen (alasan), menerapkan konsep pada situasi berbeda, menyusun, menciptakan
  2. Soal juga akan mengukur proses berpikir analitis, kritis, dan kreatif yang cenderung bersifat unik atau berbeda-beda responsnya bagi setiap individu
  3. Soal HOTS membuat peserta didik menggali sendiri informasi yang tersirat menggunakan berbagai representasi verbal (berbentuk kalimat), visual (gambar, bagan, grafik, tabel, termasuk video), simbolis (simbol, ikon, inisial, isyarat), dan matematis (angka, rumus, persamaan)
  4. Soal juga dibuat berdasarkan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menghubungkan (relate), menginterpretasikan (interprete), menerapkan (apply) dan mengintegrasikan (integrate) ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan permasalahan dalam konteks nyata.

Apa saja yang ingin Saudara tingkatkan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini?

Yang ingin ditingkatkan adalah:

  1. pemahaman tentang karakteristik soal HOTS agar menjadi lebih mudah kedepannya ketika mengembangkan evaluasi pembelajaran
  2. penggunaan aplikasi CBT yang beragam untuk menarik minat siswa selama proses evaluasi berlangsung
Previous Post
Next Post

0 comments: