Wednesday, October 14, 2020

Review Pengembangan Perangkat

 

1.1.1.3. PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

  1. Review perangkat pembelajaran merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh calon guru dalam mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam praktik mengajar di sekolah (PPL) secara online.
  2. Salah satu kompetensi yang wajib dikuasai mahasiswa PPG Daljab adalah mampu melaksanakan new model peerteaching berdasarkan  salah satu perangkat pembelajaran yang telah disusun pada tahap pengembangan perangkat dan reviu perangkat pembelajaran.
  3. Pendampingan kepada mahasiswa PPG dalam review perangkat pembelajaran perlu dilakukan,  agar mahasiswa mampu melakukan reviu perangkat pembelajaran dan reviu video praktik pembelajaran dengan benar.

B. TUJUAN REVIU PERANAGKAT PEMBELAJARAN

  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mereview perangkat pembelajaran, agar memiliki kejelasan tujuan pembelajaran dan IPK; kesesuaian materi ajar (bahan ajar) dengan tujuan pembelajaran; ketepatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran; kesesuaian media yang digunakan; mengintegrasikan kemampuan critical thinking, creative thinking, reflective thinking dan decision making ke dalam kegiatan belajar melalui inquiry based activitie kedalam pembelajaran berbasis HOTS; memuat pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan Technological Pedagogical  and Content Knowledge (TPACK) berbasis platform revolusi industri 4.0
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan new model peerteaching.
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan penelitian tindakan kelas (PTK)
  4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan refleksi reviu perangkat pembelajaran dan pembelajaran daring
  5. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun rencana tindak lanjut (RTL) untuk persiapan pelaksanaan PPL daring.

PRODUK AKHIR

Produk akhir dari kegiatan tahap 3 “reviu Perangkat pembelajaran” adalah. (diunggah di blog mahasiswa PPG)
  1. Perangkat pembelajaran (RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran) final/hasil reviu
  2. Video new model peerteaching yang di padatkan dari durasi 30 menit menjadi kurang lebih 7-10 menit 

Lembar Kerja Mahasiswa yg diunggah di LMS: 
  1. LK.3.1A reviu perangkat pembelajaran teman sejawat (form M3.1A) 
  2. LK.3.1B reviu video praktik pembelajaran teman sejawat (form M3.1A)
  3. LK.3.2 observasi new model peerteaching teman sejawat (form M3.2)
  4. LK.3.3 Proposal PTK (form M3.3)
  5. LK.3.4 Refleksi (form M3.4)
  6. LK.3.5 Rencana tindak lanjut (RTL) (form M3.5)

Lembar Kerja  Dosen/Guru Pamong diunggah di LMS:
  1. LK.3.1A reviu perangkat pembelajaran (form D3.1A)
  2. LK.3.1B reviu video praktik pembelajaran (form D3.1B)
  3. LK.3.2 Observasi new model peerteaching (form D3.2)
  4. LK.3.3 Identifikasi Permasalahan PTK (form D3.3)
  5. LK 3.4 refleksi kegiatan reviu pembelajaran (form D3.4)
Previous Post
Next Post

0 comments: