Monday, October 12, 2020

Refleksi - Review awal perangkat pembelajaran

Reviu awal Pengembangan perangkat pembelajaran daring lihat dari Kelengkapan komponen,  Pemenuhan HOTS,   Pemenuhan TPACK  dan kesesuaian antar unsur pada RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media dan Evaluasi Pembelajaran. 

Untuk melakukan  reviu perangkat pembelajaran yang memuat unsur-unsur inovatif berbasis HOTS dengan pendekatan TPACK dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut 
  • Apakah RPP sudah inovatif? jelaskan!
  • apakah RPP mengandung pesan moral untuk mengembangkan karakter siswa? jelaskan!
  • Apakah LKPD sudah memuat unsur-unsur TPACK? jelaskan!
  • Apakah bahan ajar bersifat kontekstual bagi siswa? jelaskan!
  • Apakah soal asesmen sudah memenuhi unsur-unsur HOTS? jelaskan!
Apa saja yang perlu dilakukan dalam mereviu awal  perangkat pembelajaran yang inovatif, mengakomodir HOTS dan TPACK?

menerapkan kata kerja operasional berpikir tingkat tinggi c6  dalam RPP pada komponen 

  • IPK, 
  • Rumusan Tujuan, 
  • Aktivitas Pendahuluan, 
  • Inti, 
  • Penutup Pembelajaran, 
  • komponen Penilaian Pembelajaran.

Terdapat Kompetensi Abad 21 atau 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) dalam pengembangan bahan ajar atau LKPD

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan reviu awal video praktik pembelajaran?

  • Penerapan komponen RPP dalam video pembelajaran
  • Penerapan aspek dalam skenario yang sesuai dan presisi seperti penggunaan Teks, Gambar, Audio, dan content di dalam video pembelajaran
  • Penerapan unsur pembelajaran inovatif dalam video pembelajaran seperti (TPACK, Neuroscience, STEAM, PPK, termasuk keterampilan abad 21-4C, literasi, dan HOTS)


  • Apa saja yang ingin ditingkatkan dalam melakukan reviu awal pengembangan perangkat pembelajaran dan video praktik pembelajaran?
  • pemahaman tentang unsur pembelajaran inovatif seperti (TPACK, Neuroscience, STEAM, PPK, termasuk keterampilan abad 21-4C, literasi, dan HOTS) agar menjadi lebih mudah kedepannya ketika mengembangkan perangkat pembelajaran dan video praktik pembelajaran.
  • Previous Post
    Next Post

    0 comments: