Friday, September 11, 2020

MODUL INTEGRITAS - KB 2 Aksi Nyata Meneguhkan diri Menjadi Agen Perubahan

 Jawaban No. 1 : Pengkondisian Kelas


Skenario Mengajar:

1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran

2.     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

3.     Menyampaikan materi pelajaran yang akan dibahas

4.     Membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas tertentu tanpa membedakan kemampuan untuk menumbuhkan sikap peduli

5.     Mempresentasikan tugas yang sudah dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan

6.     Menutup kelas dengan berdoa

 

Jawaban no. 2 : Rencana Penguatan Integritas

Skenario :

1.     Menumbuhkan sikap peduli dengan mengajak siswa untuk melakukan kegiatan amal bakti kepada teman yang mendapat musibah

2.     Menumbuhkan sikap tanggung jawab dengan memberikan tugas kepada siswa dan harus dikerjakan sampai selesai. Misal menyelenggarakan kegiatan lomba yang keseluruhan acara lomba di atur oleh siswa dengan tetap berkoordinasi dengan guru dan didampingi pada saat pelaksanaan

3.     Menumbuhkan sikap jujur dengan cara mempercayakan sesuatu yang harus mereka kerjakan, sampaikan atau jaga.

4.     Menumbuhkan sikap disiplin dengan datang tepat waktu Ketika jam pelajaran dimulai, berseragam sesuai peraturan, dan mematuhi aturan yang sudah disepakati Bersama. Serta melibatkan siswa dalam berbagai acara yang dikelola oleh siswa dengan tanggung jawab pada bagian masing-masing, dengan adanya tanggung jawab ini akan melatih mereka untuk bersikap disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan acara

 

Jawaban no. 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan

:

SMKN 1 SIMPANGKATIS

 

Kompetensi Keahlian

:

Rekayasa Perangkat Lunak

 

Mata Pelajaran

:

Basis Data

 

Kelas/Semester

:

XII/Ganjil

 

Tahun Pelajaran

:

2020/2021

 

Pertemuan Ke-

:

5

 

Alokasi Waktu

:

2 x 45 menit

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

KD 3

KD 4

 

3.2 Memahami bentuk diagram hubungan antar entitas

4.2 Mempresentasikan hubungan keterkaitan antar data dalam diagram ERD

 

IPK 3

IPK 4

 

3.2.1 Memahami diagram entitas
3.2.2 Menjelaskan simbol-simbol entitas
3.2.3 Menjelaskan elemen atau atribut entitas
3.2.4 Menjelaskan hubungan antar entitas
3.2.5 Menjelaskan kardinalitas hubungan antar entitas

4.2.1 Membuat diagram keterkaitan hubungan antar entitas
4.2.2 Menentukan kardinalitas hubungan antar entitas

 

Model :

 

Pendahuluan

 

Saintifik

 

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran

 

Sumber :

 

2.

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 

Buku dan Internet

3.

Mereview materi pertemuan yang lalu

 

Alat dan Bahan :

4.

Menginformasikan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator dan KKM pada pertemuan berlangsung

 

1. Laptop

 

Kegiatan Inti

 

2. Infocus

 

1.

Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang bentuk diagram hubungan antar entitas

 

3. Powerpoint

2.

Membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas tentang bentuk diagram hubungan antar entitas tanpa membedakan kemampuan untuk menumbuhkan sikap peduli

 

4. Video Pembelajaran

3.

Mempresentasikan tugas yang sudah dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan

 

 

Penutup

Guru memberikan umpan balik materi yang sudah disampaikan dan menginformasikan kepada peserta didik tentang materi pembelajaran yang akan datang, menutup pembelajaran, berdo'a dan mengucapkan salam

 

 

Simpang Katis, 26 Agustus 2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah,

Guru Mata Pelajaran,

 

Hendroyono S. Pd

DESTY YANI

NIP. 19631009 1993 01 1 006

0

 

Previous Post
Next Post

0 comments: