Jawaban No. 1 : Pengkondisian Kelas
| 
   Skenario Mengajar:  | 
 
| 
   1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran  | 
 
| 
   2.     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin  | 
 
| 
   3.     Menyampaikan
  materi pelajaran yang akan dibahas   | 
 
| 
   4.     Membagi
  siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas tertentu tanpa
  membedakan kemampuan untuk menumbuhkan sikap peduli  | 
 
| 
   5.     Mempresentasikan
  tugas yang sudah dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang
  dikerjakan 6.     Menutup kelas
  dengan berdoa  | 
 
Jawaban no. 2 : Rencana Penguatan Integritas
| 
   Skenario : 1.    
  Menumbuhkan sikap peduli dengan mengajak siswa untuk
  melakukan kegiatan amal bakti kepada teman yang mendapat musibah 2.    
  Menumbuhkan sikap tanggung jawab dengan memberikan
  tugas kepada siswa dan harus dikerjakan sampai selesai. Misal
  menyelenggarakan kegiatan lomba yang keseluruhan acara lomba di atur oleh
  siswa dengan tetap berkoordinasi dengan guru dan didampingi pada saat
  pelaksanaan 3.    
  Menumbuhkan sikap jujur dengan cara mempercayakan
  sesuatu yang harus mereka kerjakan, sampaikan atau jaga. 4.    
  Menumbuhkan sikap disiplin dengan datang tepat waktu
  Ketika jam pelajaran dimulai, berseragam sesuai peraturan, dan mematuhi
  aturan yang sudah disepakati Bersama. Serta melibatkan siswa dalam berbagai
  acara yang dikelola oleh siswa dengan tanggung jawab pada bagian
  masing-masing, dengan adanya tanggung jawab ini akan melatih mereka untuk
  bersikap disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan acara  | 
 
Jawaban no. 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  | 
 ||||||
  | 
 ||||||
| 
   Satuan
  Pendidikan  | 
  
   :  | 
  
   SMKN 1
  SIMPANGKATIS  | 
  
  | 
 |||
| 
   Kompetensi
  Keahlian  | 
  
   :  | 
  
   Rekayasa
  Perangkat Lunak  | 
  
  | 
 |||
| 
   Mata
  Pelajaran  | 
  
   :  | 
  
   Basis Data  | 
  
  | 
 |||
| 
   Kelas/Semester  | 
  
   :  | 
  
   XII/Ganjil  | 
  
  | 
 |||
| 
   Tahun
  Pelajaran  | 
  
   :  | 
  
   2020/2021  | 
  
  | 
 |||
| 
   Pertemuan Ke-  | 
  
   :  | 
  
   5  | 
  
  | 
 |||
| 
   Alokasi Waktu  | 
  
   :  | 
  
   2 x 45 menit  | 
  
  | 
 |||
  | 
 ||||||
| 
   TUJUAN PEMBELAJARAN  | 
  
   KD 3  | 
  
   KD 4  | 
  
  | 
 |||
| 
   3.2 Memahami
  bentuk diagram hubungan antar entitas  | 
  
   4.2
  Mempresentasikan hubungan keterkaitan antar data dalam diagram ERD  | 
  
  | 
 ||||
| 
   IPK 3  | 
  
   IPK 4  | 
  
  | 
 ||||
| 
   3.2.1
  Memahami diagram entitas  | 
   
  
   4.2.1 Membuat
  diagram keterkaitan hubungan antar entitas  | 
  
  | 
 ||||
| 
   Model :  | 
  
      | 
  
   Pendahuluan  | 
  
  | 
 |||
| 
   Saintifik  | 
  
      | 
  
   1.  | 
  
   Melakukan pembukaan dengan
  salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
  memulai pembelajaran  | 
  
  | 
 ||
| 
   Sumber :  | 
  
      | 
  
   2.  | 
  
   Memeriksa kehadiran peserta
  didik sebagai sikap disiplin  | 
  
  | 
 ||
| 
   Buku dan
  Internet  | 
  
   3.  | 
  
   Mereview
  materi pertemuan yang lalu  | 
  
  | 
 |||
| 
   Alat dan
  Bahan :  | 
  
   4.  | 
  
   Menginformasikan
  Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator dan KKM pada pertemuan
  berlangsung  | 
  
  | 
 |||
| 
   1. Laptop  | 
  
      | 
  
   Kegiatan Inti  | 
  
  | 
 |||
| 
   2. Infocus  | 
  
      | 
  
   1.  | 
  
   Mengamati
  untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang bentuk diagram hubungan
  antar entitas  | 
  
  | 
 ||
| 
   3. Powerpoint  | 
  
   2.  | 
  
   Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
  untuk mengerjakan tugas tentang bentuk diagram hubungan antar entitas tanpa membedakan kemampuan untuk menumbuhkan sikap peduli  | 
  
  | 
 |||
| 
   4. Video
  Pembelajaran  | 
  
   3.  | 
  
   Mempresentasikan
  tugas yang sudah dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang
  dikerjakan  | 
  
  | 
 |||
| 
   | 
  
   Penutup Guru
  memberikan umpan balik materi yang sudah disampaikan dan menginformasikan
  kepada peserta didik tentang materi pembelajaran yang akan datang, menutup
  pembelajaran, berdo'a dan mengucapkan salam  | 
  
  | 
 ||||
| 
   Simpang Katis, 26 Agustus 2020  | 
 ||||
| 
   Mengetahui,   | 
  ||||
| 
   Kepala Sekolah,  | 
  
   Guru Mata Pelajaran,  | 
 |||
| 
   | 
 ||||
| 
   Hendroyono S. Pd  | 
  
   DESTY YANI  | 
 |||
| 
   NIP. 19631009 1993 01 1 006  | 
  
   0  | 
 |||
0 comments: