Jawaban No. 1 : Pengkondisian Kelas
Skenario Mengajar: |
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
3. Menyampaikan
materi pelajaran yang akan dibahas |
4. Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas tertentu tanpa
membedakan kemampuan untuk menumbuhkan sikap peduli |
5. Mempresentasikan
tugas yang sudah dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang
dikerjakan 6. Menutup kelas
dengan berdoa |
Jawaban no. 2 : Rencana Penguatan Integritas
Skenario : 1.
Menumbuhkan sikap peduli dengan mengajak siswa untuk
melakukan kegiatan amal bakti kepada teman yang mendapat musibah 2.
Menumbuhkan sikap tanggung jawab dengan memberikan
tugas kepada siswa dan harus dikerjakan sampai selesai. Misal
menyelenggarakan kegiatan lomba yang keseluruhan acara lomba di atur oleh
siswa dengan tetap berkoordinasi dengan guru dan didampingi pada saat
pelaksanaan 3.
Menumbuhkan sikap jujur dengan cara mempercayakan
sesuatu yang harus mereka kerjakan, sampaikan atau jaga. 4.
Menumbuhkan sikap disiplin dengan datang tepat waktu
Ketika jam pelajaran dimulai, berseragam sesuai peraturan, dan mematuhi
aturan yang sudah disepakati Bersama. Serta melibatkan siswa dalam berbagai
acara yang dikelola oleh siswa dengan tanggung jawab pada bagian
masing-masing, dengan adanya tanggung jawab ini akan melatih mereka untuk
bersikap disiplin dalam persiapan dan pelaksanaan acara |
Jawaban no. 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
||||||
|
||||||
Satuan
Pendidikan |
: |
SMKN 1
SIMPANGKATIS |
|
|||
Kompetensi
Keahlian |
: |
Rekayasa
Perangkat Lunak |
|
|||
Mata
Pelajaran |
: |
Basis Data |
|
|||
Kelas/Semester |
: |
XII/Ganjil |
|
|||
Tahun
Pelajaran |
: |
2020/2021 |
|
|||
Pertemuan Ke- |
: |
5 |
|
|||
Alokasi Waktu |
: |
2 x 45 menit |
|
|||
|
||||||
TUJUAN PEMBELAJARAN |
KD 3 |
KD 4 |
|
|||
3.2 Memahami
bentuk diagram hubungan antar entitas |
4.2
Mempresentasikan hubungan keterkaitan antar data dalam diagram ERD |
|
||||
IPK 3 |
IPK 4 |
|
||||
3.2.1
Memahami diagram entitas |
4.2.1 Membuat
diagram keterkaitan hubungan antar entitas |
|
||||
Model : |
|
Pendahuluan |
|
|||
Saintifik |
|
1. |
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran |
|
||
Sumber : |
|
2. |
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin |
|
||
Buku dan
Internet |
3. |
Mereview
materi pertemuan yang lalu |
|
|||
Alat dan
Bahan : |
4. |
Menginformasikan
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator dan KKM pada pertemuan
berlangsung |
|
|||
1. Laptop |
|
Kegiatan Inti |
|
|||
2. Infocus |
|
1. |
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang bentuk diagram hubungan
antar entitas |
|
||
3. Powerpoint |
2. |
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
untuk mengerjakan tugas tentang bentuk diagram hubungan antar entitas tanpa membedakan kemampuan untuk menumbuhkan sikap peduli |
|
|||
4. Video
Pembelajaran |
3. |
Mempresentasikan
tugas yang sudah dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap apa yang
dikerjakan |
|
|||
|
Penutup Guru
memberikan umpan balik materi yang sudah disampaikan dan menginformasikan
kepada peserta didik tentang materi pembelajaran yang akan datang, menutup
pembelajaran, berdo'a dan mengucapkan salam |
|
||||
Simpang Katis, 26 Agustus 2020 |
||||
Mengetahui, |
||||
Kepala Sekolah, |
Guru Mata Pelajaran, |
|||
|
||||
Hendroyono S. Pd |
DESTY YANI |
|||
NIP. 19631009 1993 01 1 006 |
0 |
0 comments: