DIMENSI KETERAMPILAN ABSTRAK
Kemampuan Belajar | Deskripsi |
Mengamati | Perhatian pada waktu mengamati suatu objek/membaca suatu tulisan/mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibuat tentang yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang digunakan untuk mengamati. |
Menanya | Jenis, kualitas, dan jumlah pertanyaan yang diajukan peserta didik (pertanyaan faktual, konseptual, prosedural, dan hipotetik) |
Mengumpulkan informasi/mencoba / mengolah | Jumlah dan kualitas sumber yang dikaji/digunakan, kelengkapan informasi, validitas informasi yang dikumpulkan, dan instrumen/alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. |
Menalar/mengasosiasi/ mengolah informasi | Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasi dari dua fakta/konsep, interpretasi argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan lebih dari dua fakta/konsep/teori, mensintesis dan argumentasi serta kesimpulan keterkaitan antar berbagai jenis fakta-fakta/konsep/teori/pendapat; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi, dan kesimpulan yang menunjukkan hubungan fakta/konsep/teori dari dua sumber atau lebih yang tidak bertentangan; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi dan kesimpulan dari konsep/teori/pendapat yang berbeda dari berbagai jenis sumber. |
Mengomunikasi kan/ menyaji | Menyajikan hasil kajian (dari mengamati sampai menalar) dalam bentuk tulisan, grafis, media elektronik, multi media dan lain-lain. |
Mencipta (creating) | Menghasilkan ide-ide, rancangan dan atau keputusan-keputusan baru. |
DIMENSI KETERAMPILAN KONKRET
No. | Tingkat Taksonomi Simpson | Uraian | Tingkatan Taksonomi Dave | Uraian |
1. | Persepsi | Menunjukkan perhatian untuk melakukan suatu gerakan. | Imitasi | Meniru kegiatan yang telah didemonstrasikan atau dijelaskan, meliputi tahap coba-coba hingga mencapai respon yang tepat. |
Kesiapan | Menunjukkan kesiapan mental dan fisik untuk melakukan suatu gerakan. | |||
Meniru | Meniru gerakan secara terbimbing. | |||
2. | Membiasakan gerakan (mechanism) | Melakukan gerakan mekanistik. | Manipulasi | Melakukan suatu pekerjaan dengan sedikit percaya dan kemampuan melalui perintah dan berlatih. |
3. | Mahir (complex or overt response) |
> Melakukan gerakan kompleks dan termodifikasi. | Presisi | Melakukan suatu tugas atau aktivitas dengan keahlian dan kualitas yang tinggi dengan unjuk kerja yang cepat, halus, dan akurat serta efisien tanpa bantuan atau instruksi. |
4. | Menjadi gerakan alami (adaptation) | Menjadi gerakan alami yang diciptakan sendiri atas dasar gerakan yang sudah dikuasai sebelumnya. | Artikulasi | Keterampilan berkembang dengan baik sehingga seseorang dapat mengubah pola gerakan sesuai dengan persyaratan khusus untuk dapat digunakan mengatasi situasi problem yang tidak sesuai SOP. |
5. | Menjadi tindakan orisinal (origination) | Menjadi gerakan baru yang orisinal dan sukar ditiru oleh orang lain dan menjadi ciri khasnya. | Naturalisasi | Melakukan unjuk kerja level tinggi secara alamiah, tanpa perlu berfikir lama dengan mengreasi langkah kerja baru. |
0 comments: