Wednesday, October 28, 2020

Dimensi KI-3 Pengetahuan - PEDAGOGI

    


DIMENSI PROSES KOGNITIF

  • C1; mengingat (remember), mengingat kembali pengetahuan dari memori.
  • C2; memahami (understand), mengonstruksi makna dari pesan lisan, tulisan, dan atau grafis.
  • C3; menerapkan (apply), penggunaan prosedur dalam situasi yang diberikan atau situasi baru.
  • C4; menganalisis (analyse), menguraikan materi ke dalam bagian-bagian dan bagaimana bagian-bagian itu saling berhubungan satu sama lain dalam keseluruhan struktur.
  • C5; mengevaluasi (evaluate) membuat keputusan berdasarkan kriteria dan standar.
  • C6; mengreasi (create) menempatkan elemen-elemen secara bersamaan ke dalam bentuk modifikasi atau mengorganisasikan elemen-elemen ke dalam pola baru (struktur baru).

DIMENSI PENGETAHUAN

  • Pengetahuan faktual; pengetahuan terminologi atau pengetahuan detail yang spesifik dan elemen.
  • Pengetahuan konseptual; pengetahuan yang lebih kompleks berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi. 
  • Pengetahuan prosedural/operasional; pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu. 
  • Pengetahuan metakognitif; pengetahuan tentang kognisi, merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman, meliputi kesadaran berfikir dan penetapan keputusan tentang sesuatu.

HUBUNGAN DIMENSI PROSES KOGNITIF DAN DIMENSI PENGETAHUAN

No
Perkembangan Berfikir Taksonomi Bloom Revised Anderson (Cognitive Process Dimension)
Dimensi Pengetahuan (Knowledge Dimension)
Keterangan
1.
Mengingat (C1)
Pengetahuan Faktual
Lower Order Thinking Skills (LOTS)
2.
Memahami/menginterpretasi prinsip (C2)
Pengetahuan Konseptual
3.
Menerapkan (C3)
Pengetahuan Prosedural
4.
Menganalisis (C4)
Pengetahuan Metakognitif
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
5.
Mengevaluasi (C5)
6.
Mengreasi (C6)
        
Previous Post
Next Post

0 comments: