Monday, September 28, 2020

PENGONTROLAN LAMPU LED BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN SIMULASI TINKERCAD

 

System pengontrolan lampu berbasis android ini menggunakan aplikasi simulasi yang disediakan oleh https://www.tinkercad.com/


Log In atau Sign Up jika belum memiliki akun Autodesk



Pilih Create new circuit pada menu circuit di sebelah kiri 



Langkah pertama rangkaian adalah dengan mendrag komponen Arduino Uno R3 dan Breadboard Small

Koneksikan ke 2 komponen tersebut dengan menghubungkan pin 5V ke (+) dan GND ke (-).


Ubah warna kabel sesuai dengan keinginan untuk membedakan keduanya

Menambahkan komponen LED pada board kemudian ubah warna LED menjadi merah, hijau, dan orange.

Komponen berikutnya adalah 3 buah resistor, dan mengubah resistance menjadi 220Ω.


Koneksikan komponen LED + Resistor masing-masing ke pin 13, 12, dan 11 pada Arduino. Jangan lupa untuk mengubah warna kabel untuk membedakan ke-3 kabel.

Tahap selanjutnya adalah coding. Dalam control ini akan ada 3 komponen yang digunakan yaitu variables (ungu), Control (Orange) dan Output (biru). Drag Set animation speed ke layer sebelah kanan kemudian ubah 0 menjadi 400. Selanjutnya drag animationspeed ke dalam control dan ubah secs menjadi multisecs. 


Tambahkan 2 output set pin to high/low dan 2 control. Set pin menjadi 12 dan 11.


Setelah selesai set coding seperti di bawah ini, start simulation. Jika berhasil maka LED akan menyala dari merah – hijau – orange.



int AnimationSpeed = 0;

void setup()

{

  pinMode(13, OUTPUT);

  pinMode(12, OUTPUT);

  pinMode(11, OUTPUT);

}

void loop()

{

  AnimationSpeed = 400;

  digitalWrite(13, HIGH);

  delay(AnimationSpeed); // Wait for AnimationSpeed millisecond(s)

  digitalWrite(13, LOW);

  delay(AnimationSpeed); // Wait for AnimationSpeed millisecond(s)

  digitalWrite(12, HIGH);

  delay(AnimationSpeed); // Wait for AnimationSpeed millisecond(s)

  digitalWrite(12, LOW);

  delay(AnimationSpeed); // Wait for AnimationSpeed millisecond(s)

  digitalWrite(11, HIGH);

  delay(AnimationSpeed); // Wait for AnimationSpeed millisecond(s)

  digitalWrite(11, LOW);

  delay(AnimationSpeed); // Wait for AnimationSpeed millisecond(s)

}







Previous Post
Next Post

0 comments: