Saturday, September 12, 2020

MODUL INTEGRITAS - KB 3 Meluaskan Semangat Integritas

 

Jawaban Nomor 1.

Upaya Membangun Komitmen Berintegritas:

1.     Membangun komitmen diri dengan terus menyampaikan beberapa hal seperti jangan menyontek Ketika ulangan.

2.     Berdiskusi dengan siswa kelas jika terjadi kendala dalam pembelajaran, memberikan waktu untuk mendengarkan keluh kesah siswa.

3.     Membuat peraturan yang disepakati Bersama dengan konsekuensi jika melanggar peraturan

4.     Memberikan penghargaan dengan bentuk yang beragam tidak hanya nilai kepada yang bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, jujur dalam mengerjakan ulangan, disiplin dalam keseharian belajar dan perduli dengan sesame teman.

5.     Memberikan contoh dengan tepat waktu Ketika memulai jam pelajaran

 

Persoalan yang dihadapi

1.     Siswa tidak bisa menjaga komitmen dalam Tindakan

2.     Siswa sering bersikap acuh dan tidak perduli dengan yang disampaikan

3.     Tidak mendapat dukungan, karena masih banyak rekan sejawat belum komitmen dengan integritas

 

Jawaban Nomor 2

Langkah Jangka Pendek:

1.     Selalu menulis kata “Kejujuran itu menenteramkan” di kertas soal

2.     Memutarkan video atau film yang mendorong peserta didik membiasakan perilaku berintegritas pada saat break pelajaran

3.     Menyediakan simbol-simbol, poster, brosur yang terkait dengan perilaku berintegritas di kelas

4.     Mengadakan kegiatan yang melibatkan siswa sebagai panitia dan peserta

 

Jawaban Nomor 3

Rancangan Aktifitas :

1.     Bekerjasama dengan sekolah untuk melakukan;

·       Menyediakan simbol-simbol, audio, visual, serta gerakan yang terkait dengan penguatan pemahaman dan perilaku berintegritas;

·       Mengadakan berbagai kegiatan, permainan, cerita, film, atau bentuk lainnya yang mendorong peserta didik membiasakan perilaku berintegritas yang telah dipelajari di kelas;

·       Memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk untuk merangsang penerapan perilaku berintegritas.

2.     Pada saat didalam kelas

·       Berdiskusi dengan siswa kelas jika terjadi kendala dalam pembelajaran, memberikan waktu untuk mendengarkan keluh kesah siswa.

·       Mengadakan berbagai kegiatan, permainan, cerita, film, atau bentuk lainnya yang mendorong peserta didik mengenali penerapan nilai-nilai karakter penguat integritas

·       Melakukan evaluasi pencapaian kompetensi dengan cara kreatif dan inovatif sehingga peserta didik menganggap tidak ada gunanya berperilaku tak berintegritas. Misalnya evaluasi dengan ceklis indikator oleh guru pada setiap siswa, ulangan dengan soal berbeda, teknis ulangan lain yang tidak memungkinkan menyontek.

 

 

Previous Post
Next Post

0 comments: