Jawaban Nomor 1.
Upaya Membangun Komitmen Berintegritas: |
1. Membangun
komitmen diri dengan terus menyampaikan beberapa hal seperti jangan menyontek
Ketika ulangan. 2.
Berdiskusi
dengan siswa kelas jika terjadi kendala dalam pembelajaran, memberikan waktu
untuk mendengarkan keluh kesah siswa. 3. Membuat
peraturan yang disepakati Bersama dengan konsekuensi jika melanggar peraturan
4. Memberikan
penghargaan dengan bentuk yang beragam tidak hanya nilai kepada yang
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, jujur dalam mengerjakan ulangan, disiplin
dalam keseharian belajar dan perduli dengan sesame teman. 5. Memberikan
contoh dengan tepat waktu Ketika memulai jam pelajaran |
Persoalan yang dihadapi 1.
Siswa
tidak bisa menjaga komitmen dalam Tindakan 2.
Siswa
sering bersikap acuh dan tidak perduli dengan yang disampaikan 3.
Tidak
mendapat dukungan, karena masih banyak rekan sejawat belum komitmen dengan
integritas |
Jawaban Nomor 2
Langkah Jangka Pendek: |
1. Selalu menulis kata “Kejujuran itu menenteramkan” di kertas soal 2. Memutarkan video atau film yang mendorong peserta didik membiasakan perilaku berintegritas pada saat break pelajaran 3. Menyediakan simbol-simbol, poster, brosur yang terkait dengan perilaku berintegritas di kelas 4. Mengadakan
kegiatan yang melibatkan siswa sebagai panitia dan peserta |
Jawaban Nomor 3
Rancangan Aktifitas : |
1. Bekerjasama
dengan sekolah untuk melakukan; ·
Menyediakan simbol-simbol, audio, visual, serta gerakan yang terkait dengan penguatan pemahaman dan perilaku berintegritas; ·
Mengadakan berbagai kegiatan, permainan, cerita, film, atau bentuk lainnya yang mendorong peserta didik membiasakan perilaku berintegritas yang telah dipelajari di kelas; ·
Memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk untuk merangsang penerapan perilaku berintegritas. 2. Pada saat
didalam kelas ·
Berdiskusi dengan siswa kelas jika terjadi kendala
dalam pembelajaran, memberikan waktu untuk mendengarkan keluh kesah siswa. ·
Mengadakan berbagai kegiatan, permainan,
cerita, film, atau bentuk lainnya yang mendorong peserta didik mengenali penerapan nilai-nilai karakter
penguat integritas ·
Melakukan evaluasi pencapaian kompetensi
dengan cara kreatif dan inovatif sehingga peserta didik menganggap tidak ada gunanya berperilaku tak
berintegritas. Misalnya evaluasi dengan ceklis indikator oleh guru pada setiap siswa, ulangan
dengan soal berbeda, teknis ulangan lain yang tidak memungkinkan menyontek. |
0 comments: