Jawaban Nomor 1.
Pendekatan Relevan untuk Diri Sendiri: |
1. Membuat Dokumen
RPP sendiri dan selalu disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan lingkungan
sekolah 2. Menjaga kelas
agar selalu bersih, senantiasa rapi, teratur, tertata, nyaman dan membuat
betah; |
3. Menjadi role
model untuk siswa dengan tidak datang terlambat Ketika mengajar, bersikap
tanggung jawab, peduli dan jujur. 4. Bersikap
ramah dan murah senyum kepada siswa 5. Bersemangat
dan ceria Ketika mengajar 6. Melakukan
review dan meminta feed back dari siswa tentang proses belajar mengajar yang
dilakukan |
Jawaban Nomor 2.
Upaya yang dilakukan untuk jangka luas: 1.
Membuat video pembelajaran yang
mengedukasi tentang integritas 2.
Mengajak siswa untuk membuat film yang
bertemakan tanggung jawab, jujur, disiplin dan peduli 3.
Menulis artikel tentang integrasi siswa,
guru, sekolah dan lingkungan keluarga melalui blog pribadi Tingkat Keberhasilan Melalui ke-3 upaya diatas tingkat keberhasilan yang
diharapkan adalah cukup tinggi, mengingat ke-3 produk diatas dapat dibaca dan
disaksikan secara luas karena diunggah ke internet. Dapat disebarkan ke
berbagai platform online seperti Youtube, Facebook, Instagram, TikTok dan
sosial media lainnya. Banyak kalangan yang dapat menyaksikan video dan
film edukasi tentang integritas tidak hanya yang berada di dalam lingkungan
sekolah. |
Jawaban Nomor 3
Narasi Pendek Tentang Hukuman: Hukuman
disekolah masih seringkali terjadi, hal ini dilakukan karena tentunya guru
punya alasan walaupun alasan ini tidak bisa selalu dibenarkan. Berdasarkan
pengalaman yang telah dialami selama 6 tahun mengajar hukuman menjadi salah
satu cara untuk memberikan pelajaran bagi siswa tentang kesalahan, kelalaian
yang mereka lakukan baik itu dengan tingkat kesalahan kategori kecil, sedang
ataupun besar. Hukuman tidak selalu soal hukuman fisik tapi lebih kepada efek
jera, walaupun pada penerapannya hukuman secara fisik tidak bisa dihindari
seperti lari keliling lapangan, jalan jongkok, jumping, atau lainnya. Tentunya
hukuman berdampak pada siswa, baik secara jangka Panjang atau pendek. Jika
secara jangka pendek ada efek jera pada siswa karena tidak mengulangi
perbuatan yang sama, walaupun pada kenyataannya perbuatan yang sama diulangi
lagi. Ini juga bergantung pada karakter siswa itu sendiri. Jika secara jangka
Panjang bisa jadi ini memberikan efek trauma karena hukuman yang diberikan
keras dan dapat berdampak pada mental siswa. Atau bisa juga ini menjadi
sebuah kenangan yang akan diceritakan siswa Ketika mereka reuni kesesama
teman atau bahkan sampai bercerita ke anak cucu Tentunya
sebagai guru sangat menghindari memberikan hukuman, kalaupun sampai ada
pelanggaran maka akan berusaha keras untuk mencari konsekuensi yang sesuai
dengan apa yang mereka lakukan tanpa memberikan hukuman secara fisik. |
0 comments: