Saturday, September 12, 2020

Modul Integritas - KB 4 Deklarasi Komitmen Diri

 

Jawaban Nomor 1.

Pendekatan Relevan untuk Diri Sendiri:

1.     Membuat Dokumen RPP sendiri dan selalu disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan lingkungan sekolah

2.     Menjaga kelas agar selalu bersih, senantiasa rapi, teratur, tertata, nyaman dan membuat betah;

3.     Menjadi role model untuk siswa dengan tidak datang terlambat Ketika mengajar, bersikap tanggung jawab, peduli dan jujur.

4.     Bersikap ramah dan murah senyum kepada siswa

5.     Bersemangat dan ceria Ketika mengajar

6.     Melakukan review dan meminta feed back dari siswa tentang proses belajar mengajar yang dilakukan

 

Jawaban Nomor 2.

Upaya yang dilakukan untuk jangka luas:

1.     Membuat video pembelajaran yang mengedukasi tentang integritas

2.     Mengajak siswa untuk membuat film yang bertemakan tanggung jawab, jujur, disiplin dan peduli

3.     Menulis artikel tentang integrasi siswa, guru, sekolah dan lingkungan keluarga melalui blog pribadi

 

Tingkat Keberhasilan

Melalui ke-3 upaya diatas tingkat keberhasilan yang diharapkan adalah cukup tinggi, mengingat ke-3 produk diatas dapat dibaca dan disaksikan secara luas karena diunggah ke internet. Dapat disebarkan ke berbagai platform online seperti Youtube, Facebook, Instagram, TikTok dan sosial media lainnya.

Banyak kalangan yang dapat menyaksikan video dan film edukasi tentang integritas tidak hanya yang berada di dalam lingkungan sekolah.

 

Jawaban Nomor 3

Narasi Pendek Tentang Hukuman:

 

Hukuman disekolah masih seringkali terjadi, hal ini dilakukan karena tentunya guru punya alasan walaupun alasan ini tidak bisa selalu dibenarkan. Berdasarkan pengalaman yang telah dialami selama 6 tahun mengajar hukuman menjadi salah satu cara untuk memberikan pelajaran bagi siswa tentang kesalahan, kelalaian yang mereka lakukan baik itu dengan tingkat kesalahan kategori kecil, sedang ataupun besar. Hukuman tidak selalu soal hukuman fisik tapi lebih kepada efek jera, walaupun pada penerapannya hukuman secara fisik tidak bisa dihindari seperti lari keliling lapangan, jalan jongkok, jumping, atau lainnya.

 

Tentunya hukuman berdampak pada siswa, baik secara jangka Panjang atau pendek. Jika secara jangka pendek ada efek jera pada siswa karena tidak mengulangi perbuatan yang sama, walaupun pada kenyataannya perbuatan yang sama diulangi lagi. Ini juga bergantung pada karakter siswa itu sendiri. Jika secara jangka Panjang bisa jadi ini memberikan efek trauma karena hukuman yang diberikan keras dan dapat berdampak pada mental siswa. Atau bisa juga ini menjadi sebuah kenangan yang akan diceritakan siswa Ketika mereka reuni kesesama teman atau bahkan sampai bercerita ke anak cucu

 

Tentunya sebagai guru sangat menghindari memberikan hukuman, kalaupun sampai ada pelanggaran maka akan berusaha keras untuk mencari konsekuensi yang sesuai dengan apa yang mereka lakukan tanpa memberikan hukuman secara fisik.

 

Previous Post
Next Post

0 comments: