Friday, September 25, 2020

TES FORMATIF PEDAGOGI - PEMBELAJARAN INOVATIF



KEGIATAN PEMBELAJARAN 1


1. STEAM adalah singkatan dari.... 

a. Science, Technique, Engineering, Art, Manipulation 

b. Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics 

c. Science, Technology, Engineering, Art, Manipulation 

d. Science, Technique, Engineering, Art, Mathematics 

 

2. Teknik adalah ilmu yang mencakup.... 

a. desain sistem, peralatan, dan mesin 

b. pola-pola sistemik pada organisme 

c. inovasi observasi lingkungan 

d. bahasa-bahasa alam dan teknologi 

 

3. Pendekatan pembelajaran STEAM yang mengajarkan pelajaran Matematika dan IPA secara terpisah dalam waktu yang berbeda dikenal sebagai pendekatan ....  

a. silo 

b. embeded 

c. integrated 

d. silo-integrated 

 

4. Pendekatan terbaik untuk menerapkan pembelajaran STEAM pada siswa sekolah dasar adalah.... 

a. silo 

b. embeded 

c. integrated 

d. silo-embeded 

 

5. Berikut merupakan salah satu tujuan diperlukannya pembelajaran STEAM, yaitu .... 

a. Pekerjaan-pekerjaan terdahulu memerlukan keahlian STEAM 
b. Kaum laki-laki lebih ditekankan untuk mempelajari bidang STEAM 
c. Indonesia harus melakukan reformasi kultural pada bidang ekonomi 
d. Menumbuhkan keterampilan penalaran calon pekerja mendatang 
 
6. Salah satu cara mendasar agar pembelajaran STEAM dapat diterapkan di sekolah adalah melalui.... 
a. Keterlibatan pengusaha 
b. Dukungan orang tua 
c. Perencanaan pembangunan  
d. Perencanaan pembelajaran 
 
7. Berikut ini merupakan contoh prinsip pembelajaran STEAM yang berupa prinsip keaktifan, yaitu .... 
a. Peserta didik diperlihatkan contoh dan non contoh 
b. Peserta didik diminta berpikir secara induktif 
c. Peserta didik disadarkan untuk termotivasi 
d. Peserta didik diberikan penghargaan dan medali  
 
8. Apa suasana dan norma yang dominan berlaku dalam pembelajaran STEAM yang dilakukan dengan model Problem Based Learning dan Project Based Learning.... 
a. individualistik 
b. kompetitif 
c. kolaboratif 
d. formalistik 
 
9. Berikut ini merupakan contoh penerapan dari pembelajaran STEAM untuk anak SMA yang tepat .... 
a. Peserta didik diminta membedakan perubahan waktu pada jam dinding dari kertas kardus 
b. Peserta didik diminta membuat projek identifikasi bentuk geometri melalui alam yang dikunjungi 
c. Peserta didik diminta merangkai puzzle dalam penentuan luas dan keliling benda di kelas 
d. Peserta didik diminta membuat kebun binantang dari plastisin guna membedakan habitat hewan air dan darat 
 
10.  Di bawah ini yang merupakan salah satu tantangan pembelajaran STEAM yang perlu diatasi yaitu: .... 
a. standar pelajaran jelas tertulis di kurikulum nasional Indonesia 
b. beragamnya kompetensi abad 21 yang perlu dicapai 
c. bidang teknik dan teknologi lebih disukai oleh perempuan 
d. dianggap terlambat saat STEAM diterapkan di Sekolah Menengah Atas 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

1). Neurosain merupakan ilmu yang mempelajari sistem syaraf otak manusia dan seluruh fungsinya (misalnya pikiran) dengan menggunakan pendekatan .... 
a.  monodisiplin 
b.  interdisiplin 
c.  multidisiplin  
d.  crossdisiplin 
 
2).  Bagi neurosain, pembelajaran dianggab berhasil mengoptimalkan potensi otak ketika .... 
a.  seluruh neuron dalam otak dapat saling terhubung satu dengan lainnya 
b.  sebuah axon pada suatu neuron terhubung dengan dendrit neuron lainnya 
c.  neuron-neuron yang jarang digunakan menghilang dari syaraf otang 
d.  mampu menyalakan banyak kelompok-kelompok neuron secara bersama-sama.  
 
3).   Emosi positif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Daerah otak yang berfungsi sebagai pusat pengendalian emosi adalah .... 
a.  batang otak 
b.  sistem limbik  
c.  korteks 
d.  Cerebellum  
 
4).  Semakin tebal lapisan myelin menyelimuti axon akan semakin cepat axon memanggil kembali informasi yang tersimpan di dalam memori.  Penebalan meylin pada akson akan terjadi ketika seseorang .... 
a.  sering menggunakan informasi yang pernah dipelajari  
b.  mempelajari banyak informasi dengan menyenangkan 
c.  mempelajari informasi dengan daya konsentrasi yang tinggi 
d.  mempelajari informasi dengan didukung nutrisi yang baik 
 
5).  Pembelajaran akan optimal bagi otak dalam menyerap dan mengolah informasi, ketika guru setiap 90 menit memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan rilaksasi. Hal ini dikarenakan otak akan mengalami.... 
a.  ketegangan syaraf otak ketika belajar cukup lama  
b.  kekurangan oksigen jika belajar cukup lama 
c.  siklus bio-kognitif perhatian yang naik turun  
d.  tekanan berat jika belajar cukup lama 
 
6).  Salah satu faktor yang menyebabkan  seseorang setelah berusia 30 tahun mengalami kesulitan dalam mengingat kembali informasi yang pernah dipelajarinya, diantaranya yaitu .... 
a.  perkembangan syaraf neuron terlalu banyak dan pembentukan koneksi mulai krodit 
b.  perkembangan syaraf neuron mulai menurun dan pembentukan koneksi mulai lambat  
c.  syaraf sensori yang dimiliki mulai berkurang kepekaannya 
d.  informasi yang masuk ke dalam register sensori terlalu banyak 
 
7).    Dari sudut pandang Neurosains, stimulasi lingkungan yang kaya dengan rangsangan belajar sangat penting terutama bagi anak usia dini dikarenakan stimulasi lingkungan yang kaya akan .... 
a.  meningkatkan dan menguatkan jumlah koneksi antar sel neuron 
b.  meningkatkan dan memperlama semangat dan minat belajar anak 
c.  membuat anak tidak cepat bosan dalam bermain dan belajar 
d.  memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk berekplorasi  
 
8).    Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan gerakan peregangan otot dan relaksasi otak penting dilakukan pada proses pembelajaran berbasis neurosain, dikarenakan .... 
a.  saat otak tegang adalah kondisi yang tidak baik bagi otak untuk menghafalkan materi pelajaran  
b.  gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik tetap sehat dan bugar 
c.  gerakan peregangan otot dan relaksasi otak akan membuat peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran 
d.  kondisi relaks dan tenang dapat mengoptimalkan otak mengolah dan merefleksikan materi yang dipelajari  
 
9).    Menurut Jensen (2008), pembelajaran berbasis neurosain dapat dilakukan beberapa tahap, yaitu .... 
a.  persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan integrasi fungsional. 
b.  persiapan, akuisisi, formasi memori, elaborasi, dan perayaan kelas. 
c.  persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan integrasi fungsional.  
d.  persiapan, akuisisi, elaborasi, formasi memori, dan perayaan kelas. 
 
10).   Dalam suatu pembelajaran diketahui sebagian besar peserta didik susah berkonsentrasi mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga pada akhir pembelajaran mereka tidak mampu menguasai materi pembelajaran dengan baik. Hal itu dapat terjadi karena .... 
a.  peserta didik terlalu banyak memakan makanan 
b.  hemoglobin dalam darah peserta didik rendah  
c.  cahaya lampu dalam ruang kelas kurang terang 
d.  peserta didik kurang banyak meminum air putih 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3

1). Pembelajaran yang melibatkan penggunaan alat dan teknologi digital secara inovatif selama proses belajar mengajar sering juga disebut sebagai .... 
a.  distance educatio 
b.  open learning 
c.  Pembelajaran Digital 
d.  mobile learning 
 
2).  Salah satu fungsi  yang tercipta melalui jaringan (networking) yang tidak hanya mencakup fasilitas yang sangat dan sering dibutuhkan, seperti printer atau modem, namun juga berkaitan dengan data atau program aplikasi tertentu, adalah ..... 
a. fungsi caring 
b. fungsi sharing 
c. fungsi managing 
d. fungsi organising 

3). Salah satu prinsip penerapan Pembelajaran Digital yang mendasarkan pada  kemampuan peserta didik, pengetahuan sebelumnya (prior knowledge), dan kenyamanan belajar peserta didik, yakni ..... 
a.  prinsip aksesibilitas 
b.  prinsip penilaian 
c.  prinsip partisipasi 
d.  prinsip personalisasi  

4).  Di dalam prinsip penerapan Pembelajaran Digital, yakni prinsip penilaian, bagian penting dari penerapan prinsip tersebut dalam Pembelajaran Digital agar terjadi proses evaluasi yang mendalam dan komprehensif adalah …. 
a.  aksesibilitas 
b.  reward dan punishment 
c.  pemantauan dan umpan balik berkelanjutan 
d.  perangkat keras dan perangkat lunak 

5). Salah satu keuntungan terbesar dari platform Pembelajaran Digital adalah memungkinkan peserta didik untuk bersosialisasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan sesama peserta didik di web yang disebut juga dengan istilah …. 
a.  social engagement 
b.  analisis progres 
c.  mix approach 
d.  media sosial 

6). Di dalam pemanfaatan Pembelajaran Digital dimana peserta didik dapat mengakses berbagai referensi, baik yang berupa hasil penelitian, maupun artikel hasil kajian dalam berbagai bidang, disebut dengan …. 
a.  potensi pembelajaran 
b.  potensi pendidikan  
c.  potensi akses informasi 
d.  potensi alat komunikasi 

7). Salah satu ragam Pembelajaran Digital yang disampaikan (atau didukung) oleh teknologi mobile dalam proses pembelajaran maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajarannya, disbeut juga dengan ….  
a.  pembelajaran berbasis Cloud Computing  
b.  pembelajaran berbasis permainan 
c.  media sosial 
d.  mobile learning  

8). Game-Based Learning (GBL) berfokus pada permainan yang tujuannya bukan untuk menghibur melainkan untuk tujuan pembelajaran dengan terlebih dahulu mengidentifikasi konteks dan kondisi yang mendukung integrasi dari permainan digital dengan …. 
a.  lingkungan belajar formal dan informal 
b.  peserta didik lain secara virtual 
c.  ketersediaan aplikasi yang dimiliki oleh peserta didik 
d.  perangkat keras dan perangkat lunak 

9). Cloud Computing merupakan konsep dimana komputasi merupakan sebuah model yang memungkinkan terjadinya penggunaan berbagai macam sumber daya, yakni jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan service secara …. 
a.  terpisah 
b.  terhubung 
c.  bersama-sama 
d.  langsung 
 
10). Layanan pemyimpanan berkas, dokumen, presentasi, form dan spreadsheet pada layanan software as a service, dimana pengguna tinggal menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah disediakan, disebut juga dengan …. 
a.  Microsoft  
b.  Adobe Suite 
c.  Adobe Creative Cloud 
d.  Google Drive 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 4

1). Model pembelajaran blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka). Definisi ini dikemukakan oleh … 
a.  Stolovich & Keeps 
b.  Maasaki Imai 
c.  Stake & Horn  
d.  Clark & Mayer 

2). Model pembelajaran blended learning dapat membantu guru dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diantaranya yaitu terkait dengan … 
a.  kedisiplinan 
b.  sumber belajar 
c.  strategi pembelajaran 
d.  tempat  

3). Pembelajaran yang menggunakan model ‘blended learning’ dapat meningkatkan akses dan fleksibilitas peserta didik dalam memperoleh pengalaman belajar melalui … 
a. memberi kebebasan kepada peserta didik untuk membuat jadwal belajar 
b. memperluas jangkauan sumber belajar tidak terbatas pada ruang kelas  
c.  memfasilitasi peserta didik untuk dapat berdiskusi secara online 
d. kegiatan belajar yang dapat didesain menjadi lebih menarik dan interaktif. 

4). Berikut yang merupakan salah satu karakteristik dari model blended learning adalah .... 
a. adanya gabungan berbagai strategi dan gaya pembelajaran  
b. guru memiliki peran yang dominan selama kegiatan pembelajaran 
c. siswa wajib menggunakan komputer selama kegiatan pembelajaran  
d. seluruh kegiatan diskusi dilaksanakan melalui sistem online 

5). Berikut yang merupakan model kelas dalam blended learning yang termasuk dalam kategori model rotasi (rotation model) yaitu … 
a.  model kelas flipped (flipped classroom)  
b.  model kelas self-blend   
c.  model kelas flex 
d.  model kelas enriched-virtual 

6). Model kelas yang sering digunakan dalam pembelajaran blended learning pada sekolah yang peserta didiknya tidak banyak mempunyai perangkat seperti tablet dan laptop adalah … 
a. model self-blend 
b. model kelas station rotation   
c.  model kelas flex 
d.  model kelas flipped (flipped classroom) 

7).  Karakteristik dari model kelas flipped (flipped classroom) yaitu … 
a. siswa dapat mengambil kegiatan pembelajaran online sebagai tambahan dari kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah dilakukan. 
b.  siswa mendapatkan jadwal yang telah disesuaikan dengan masing-masing individual untuk dapat belajar secara mandiri. 
c.  siswa dapat berdiskusi langsung dengan guru secara online ketika menemui permasalahan dalam pembelajaran 
d. siswa mendapatkan mendapatkan pengajaran secara langsung melalui sistem secara online sebelum kelas dimulai.   

8). Pembelajaran yang menggunakan model blended learning dapat memungkinkan guru untuk mengarahkan pembelajaran fokus sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik secara individual. Hal ini dikarenakan … 
a. model blended learning mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran 
b. model blended learning mempunyai banyak ragam variasi model kelas yang dapat dipilih untuk menerapkan kegiatan pembelajaran 
c. model blended learning memungkinkan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik melalui aktifitas pembelajaran online.  
d. model blended learning memiliki sesi pembelajaran online yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk dapat belajar kapanpun dan dimanapun. 

9).  Komponen penting yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengembangkan aktifitas pembelajaran dengan model blended learning, 
diantaranya adalah … 
a.  materi pembelajaran 
b.  standar capaian  
c.  karakteristik siswa 
d.  interaksi antar siswa 

10). Guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran blended learning yang telah dilakukan salah satunya melalui … 
a.  hasil belajar siswa selama sesi pembelajaran  
b.  ketersediaan media berbasis teknologi 
c.  presentase kehadiran siswa dalam sesi pembelajaran 
d. pendampingan orangtua dalam sesi pembelajaran online 



Previous Post
Next Post

0 comments: