Pertanyaan 1
1. Lakukan kajian terhadap karakteristik
peserta didik di satuan Pendidikan Saudara bertugas kemudian lakukan analisis
apakah peran guru yang dijalankan selama ini sudah sesuai dengan karakteristik
peserta didik?
Karakteristik siswa di SMK Negeri 1
Simpangkatis khususnya pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
bervariatif. Sesuai dengan perkembangan generasi mereka yang dikenal dengan
generasi Z antara lain;
· Siswa lebih menyukai kebebasan dalam belajar
walaupun cenderung tidak mandiri terhadap mandiri terentu.
· Siswa lebih suka mempelajari hal-hal baru yang
bersifat praktis dan cepat dipelajari, namun terkadang effort yang
diberikan tidak sesuai
· Siswa merasa nyaman dengan lingkungan yang
terhubung dengan jaringan internet, mereka lebih bersemangat belajar jika
koneksi internet lancar dan pencarian sumber referensi materi melalui internet
· Siswa lebih suka berkomunikasi dengan gambar
images, ikon, dan symbol-simbol daripada teks, dan media pembelajaran yang
bersifat video atau multimedia interaktif lebih diminati
· Siswa Memiliki rentang perhatian pendek cenderung
jenuh jika guru sudah menjelaskan terlalu lama suatu topik
· Siswa lebih suka berinteraksi secara kompleks
dengan media seperti smartphone, televisi, laptop, desktop, dan iPod.
Peran
guru yang dijalankan dalam menghadapi karakteristik siswa diatas belum begitu
sesuai. Guru masih mengikuti gaya belajar lama yaitu teacher center.
Walaupun sudah ada beberapa guru yang mulai melakukan pendekatan student
center.
Pertanyaan 2
2.
Lakukan kajian tentang profil guru
yang ada di satuan pendidikan Saudara, kemudian lakukan kajian sejauh mana
memiliki profil guru efektif abad 21 dan memenuhi kompetensi guru abad 21?
Lakukan bersama teman sejawat sebagai proyek perubahan.
Profil
guru di SMK Negeri 1 Simpangkatis Sebagian besar masih berada pada ranah guru
yang baik (good teacher). Guru akan dengan senang hati menjelaskan
kepada siswa tentang materi-materi tertentu sehingga pembelajaran masih
bersifat teacher center. Cara penyampaian materi masih dengan metode
ceramah dan hafalan tentang suatu materi.
Namun, ada
beberapa yang sudah merubah gaya mengajarnya menjadi demonstrasi, banyak dari
guru-guru muda yang sudah menggunakan berbagai macam media interaktif dan
alternative untuk menyampaikan sebuah materi kepada siswa.
Pertanyaan 3
3. Lakukan pengamatan dan kajian tentang tugas pokok dan fungsi para guru di satuan pendidikan Saudara. Lakukan analisis penyesuaian tugas dan fungsi apa saja yang pelu dilakukan? Diskusikan dengan sejawat dan rancanglah aksi bersama.
Tugas
pokok dan fungsi guru di SMK Negeri 1 Simpangkatis antara lain;
1.
Merencanakan pembelajaran atau
pembimbingan seperti mengembangkan kurikulum dan pengkajian program tahunan dan
semester yang diturunkan kedalam penyusunan silabus dan RPP
2.
Melaksanakan pembelajaran dan
pembimbingan dengan ketentuan tatap muka selama minimal 24 jam dan maksimal 40
jam
3.
Melaksanakan penilaian
4.
Membimbing mendidik, dan melatih
5. Melaksanakan tugas tambahan, seperti menjadi wakil kepala sekolah, kaprodi, wali kelas dan lain lain.
Pertanyaan 4
4.
Rancanglah sebuah Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan untuk satu tahun menggunakan format dan mekanisme
sebagaimana disampaikan pada Modul 2 Kegiatan Belajar 4.
0 comments: