Thursday, September 17, 2020

Tugas Akhir Pembelajaran Abad 21 - Pedagogi

Pertanyaan 1 

1.    Lakukan kajian terhadap karakteristik peserta didik di satuan Pendidikan Saudara bertugas kemudian lakukan analisis apakah peran guru yang dijalankan selama ini sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik?

Karakteristik siswa di SMK Negeri 1 Simpangkatis khususnya pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak bervariatif. Sesuai dengan perkembangan generasi mereka yang dikenal dengan generasi Z antara lain;

·       Siswa lebih menyukai kebebasan dalam belajar walaupun cenderung tidak mandiri terhadap mandiri terentu.

·       Siswa lebih suka mempelajari hal-hal baru yang bersifat praktis dan cepat dipelajari, namun terkadang effort yang diberikan tidak sesuai

·       Siswa merasa nyaman dengan lingkungan yang terhubung dengan jaringan internet, mereka lebih bersemangat belajar jika koneksi internet lancar dan pencarian sumber referensi materi melalui internet

·       Siswa lebih suka berkomunikasi dengan gambar images, ikon, dan symbol-simbol daripada teks, dan media pembelajaran yang bersifat video atau multimedia interaktif lebih diminati

·       Siswa Memiliki rentang perhatian pendek cenderung jenuh jika guru sudah menjelaskan terlalu lama suatu topik

·       Siswa lebih suka berinteraksi secara kompleks dengan media seperti smartphone, televisi, laptop, desktop, dan iPod.

Peran guru yang dijalankan dalam menghadapi karakteristik siswa diatas belum begitu sesuai. Guru masih mengikuti gaya belajar lama yaitu teacher center. Walaupun sudah ada beberapa guru yang mulai melakukan pendekatan student center.

Pertanyaan 2

2.       Lakukan kajian tentang profil guru yang ada di satuan pendidikan Saudara, kemudian lakukan kajian sejauh mana memiliki profil guru efektif abad 21 dan memenuhi kompetensi guru abad 21? Lakukan bersama teman sejawat sebagai proyek perubahan.

Profil guru di SMK Negeri 1 Simpangkatis Sebagian besar masih berada pada ranah guru yang baik (good teacher). Guru akan dengan senang hati menjelaskan kepada siswa tentang materi-materi tertentu sehingga pembelajaran masih bersifat teacher center. Cara penyampaian materi masih dengan metode ceramah dan hafalan tentang suatu materi.

 

Namun, ada beberapa yang sudah merubah gaya mengajarnya menjadi demonstrasi, banyak dari guru-guru muda yang sudah menggunakan berbagai macam media interaktif dan alternative untuk menyampaikan sebuah materi kepada siswa.

Pertanyaan 3

3.   Lakukan pengamatan dan kajian tentang tugas pokok dan fungsi para guru di satuan pendidikan Saudara. Lakukan analisis penyesuaian tugas dan fungsi apa saja yang pelu dilakukan? Diskusikan dengan sejawat dan rancanglah aksi bersama.

Tugas pokok dan fungsi guru di SMK Negeri 1 Simpangkatis antara lain;

1.       Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan seperti mengembangkan kurikulum dan pengkajian program tahunan dan semester yang diturunkan kedalam penyusunan silabus dan RPP

2.       Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan dengan ketentuan tatap muka selama minimal 24 jam dan maksimal 40 jam

3.       Melaksanakan penilaian

4.       Membimbing mendidik, dan melatih

5.       Melaksanakan tugas tambahan, seperti menjadi wakil kepala sekolah, kaprodi, wali kelas dan lain lain.

Pertanyaan 4

4.       Rancanglah sebuah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk satu tahun menggunakan format dan mekanisme sebagaimana disampaikan pada Modul 2 Kegiatan Belajar 4.



 

Previous Post
Next Post

0 comments: