Thursday, September 17, 2020

Tugas Akhir Peta Konsep dan Landasan Pendidikan - Pedagogi 1

Pertanyaan 1 

Peta Konsep hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga pendidik (di halaman selanjutnya) 

Jawaban :



Pertanyaan 2 

Seorang petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD, A dibawa pindah ke kota oleh pamannya yang bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa, pada usia 24 tahun A bekerja menjadi supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa. Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya? 

Jawaban :

Perbedaan perkembangan pribadi antara A dan B disebabkan beberapa factor terkait: A dan B bertempat tinggal di daerah yang berbeda, A tinggal di kota sejak lulus SD dan B tetap tinggal di Desa. Faktor lingkungan tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan mereka. 
Kehidupan di kota cenderung lebih kompetitif, informasi yang didapatkan juga lebih luas dan banyak, pergaulan-pun menjadi lebih luas karena bertemu dengan orang banyak dari berbagai kalangan (multicultural), bahkan negara lain. Sementara di desa kehidupan jauh lebih santai, informasi masih terbatas jika B tidak menggunakan internet secara maksimal, dan pergaulan masih dalam lingkungan yang sama. Hal ini yang membuat perbedaan penampilan dan pola hidup antara A dan B. 

Pertanyaan 3

Bapak Sigit adalah seorang guru yang bertugas di sekolah “X” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran berdasar pada teori belajar tertentu! 

Jawaban :

Kelebihan :
Sekolah terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik
Kekurangan :
peserta didik kurang mandiri dan kurang disiplin

Desain Pembelajaran : Menggunakan Teori Belajar Humanistik 
Tahap 1 : Mengelompokan siswa berdasarkan gaya belajar, auditori, visual atau praktikal 
Tahap 2 : memberikan siswa penugasan dengan pembagian tanggung jawab sesuai dengan tipe peserta didik (aktifis, reflector, teoris dan pragmatis) 
Tahap 3 : Guru menyediakan bahan materi sesuai dengan gaya belajar siswa ditambah dengan bahan referensi lain untuk tambahan informasi. Guru juga menginformasikan kepada wali murid penugasan yang akan diberikan kepada siswa. 
Tahap 4 : Pengerjaan tugas menggunakan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan didampingi oleh guru 
Tahap 5 : Evaluasi pembelajaran 

Pertanyaan 4

Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya belajar peserta didik pada kelas anda! 

Jawaban :

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama proses belajar mengajar gaya belajar siswa pada mata pelajaran Basis Data dengan karakteristik sbb: 
Visual 
1. Teliti terhadap detail terutama codingGampang mengerti dengan dicontohkan melalu tutorial visual 2. Tidak terpengaruh dengan teman sekitar 
3. Sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat ya atau tidak 
4. Lebih suka mendemonstrasikan hasil project daripada presentasi 

 Auditori 
 1. berbicara kepada diri sendiri saat bekerja, 
 2. mudah terganggu jika teman sekelas ribut 
 3. lebih suka presentasi daripada demonstrasi 

 Kinestetik 
 1. berbicara dengan perlahan, 
 2. menanggapi perhatian fisik, 
 3. menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka, 
 4. berdiri dekat ketika berbicara dengan orang, 
 5. selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak, 
 6. belajar melalui memanipulasi dan praktik, 

Pertanyaan 5

Buatlah strategi implementasi kurikulum 2013 yang dapat menyiapkan peserta didik hidup di masa depan? 

Jawaban :

Langkah 1: Mempersiapkan mental yang kuat bagi peserta didik untuk bersiap menerima perubahan zaman, Caranya : 
 1. Memberikan peserta didik berbagai macam challenge yang berhubungan dengan teknologi terkini 
 2. Memberikan informasi melalui media video, film tentang kemungkinan yang terjadi di masa depan 3. Dsb

Langkah 2: Melatih pola pikir peserta didik untuk berfikir terbuka, Caranya : 
 1. Mempertanyakan asumsi peserta didik terhadap suatu kasus 
 2. Meminta peserta didik untuk menyediakan berbagai macam referensi terkait apa yang mereka kerjakan 
 3. Melibatkam mereka dalam kegiatan-kegiatan di luar sekolah agar bertemu dengan orang baru 
 4. Memberikan tugas yang memperkaya khasanah berfikir seperti membaca novel, artikel, dan berita
Previous Post
Next Post

0 comments: