Melihat proposal silahkan klik disini
A. PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang Masalah
Pandemi Covid-19 menghantam dunia pada akhir tahun 2019,
perkembangan pandemi ini pun akhirnya sampai ke Indonesia dengan dinyatakannya
kasus pertama pada bulan Maret 2020. Seluruh negara mengalami kesulitan untuk menghadapi pandemi dan
diperkirakan akan tetap berlangsung sampai dengan akhir tahun 2020.
Di tengah pandemi yang terus melaju hingga saat ini tentunya
berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Kebijakan social distancing berdampak fatal terhadap kehidupan
masyarakat. Salah satu sektor yang terkena dampak adalah sektor pendidikan.
Keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memutuskan bahwa
proses belajar dari sekolah dilakukan di rumah dengan metode pembelajaran jarak
jauh (PJJ) atau daring. Pembelajaran secara daring diumumkan pemerintah dimulai
pada 17 Maret 2020 dan dilaksanakan seluruh sekolah yang ada di Indonesia dari
sekolah dasar, menengah hingga perguruan tinggi.
SMK Negeri 1 Simpangkatis yang berada di
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan hal serupa selama pandemi, yaitu
pembelajaran secara daring. Namun, dalam perkembangannya status pelaksanaan
pembelajaran berubah seiring dengan perkembangan Covid-19 di daerah
masing-masing. Pelaksanaan pembelajaran ini akan mengikuti keputusan yang
dibuat oleh tim satgas Covid-19 yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka
Belitung.
Sejak Agustus 2020 pembelajaran dilakukan
secara daring dan luring. Kelas di bagi menjadi 2 shift. Dengan
ketentuan shift pertama akan melakukan pembelajaran secara daring dan shift
kedua melakukan pembelajaran tatap muka. Namun, ketika kasus Covid-19 meningkat
di daerah maka metode pembelajaran pun akan berubah menjadi daring kembali.
Kelayakan siswa masuk ke sekolah atau tidak akan dipantau langsung dan
dipertimbangkan langsung oleh tim gugus tugas Covid-19 Wilayah Kepulauan Bangka
Belitung. Hal ini akan sangat bergantung pada zona hitam, merah, kuning, atau
hijau yang dihadapi oleh suatu wilayah.
Berdasarkan hasil observasi yang sudah
dilakukan sejak pembelajaran jarak jauh diterapkan khususnya pada siswa kelas
XI RPL dalam mata pelajaran Basis data, terdapat beberapa permasalahan yang
dihadapi, antara lain; tingkat kehadiran siswa menurun pada saat pembelajaran
berlangsung, penurunan nilai yang signifikan terjadi pada hampir seluruh siswa,
motivasi belajar siswa yang menurun untuk melaksanakan pembelajaran.
Berdasarkan permasalah yang ada, maka
dibutuhkan metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam
menghadapi masa pandemi ini. Mengingat hal tersebut, maka dilakukan penelitian
dengan judul: UPAYA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUCTURE QUERY LANGUAGE MATA
PELAJARAN BASIS DATA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT
BASED LEARNING METODE BLENDED LEARNING PADA
MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 SIMPANGKATIS. Dengan adanya penelitian ini diharapkan
dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan menjadi solusi terhadap permasalah
yang dihadapi dunia pendidikan saat ini.
2.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas, identifikasi masalah yang terjadi antara lain:
a.
Pada
kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran basis data minat belajar siswa menurun.
b.
Pada
kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran basis data hasil belajar siswa Menurun.
c.
Pada
kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran basis data siswa kurang aktif
dalam pemebelajaran dan kehadiran.
3.
Analisis
Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka permasalahan
dalam penelitian ini adalah:
a.
Menurunnya
minat belajar siswa pada mata pelajaran basis data selama pembelajaran jarak
jauh
b.
Menurunnya
hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis data selama pembelajaran jarak
jauh.
c.
Kurangnya
keaktifan dan kehadiran siswa pada mata pelajaran basis data dalam pembelajaran
jarak jauh
4.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan identifikasi
masalah yang telah dilakukan, maka rumusan masalah pada
penelitian ini antara lain:
a. Bagaimana meningkatkan keaktifan dan kehadiran siswa dalam kegiatan
pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Basis Data menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning?
b. Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan
pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Basis Data menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning?
5.
Tujuan
Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain :
a.
Menguji
penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan metode
Blended Learning pada pembelajaran jarah jauh.
b.
Meningkatkan
keaktifan
dan kehadiran siswa melalui penerapan model
pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning pada
pembelajaran jarah jauh.
c.
Meningkatkan
hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
Project Based Learning dan metode Blended Learning pada pembelajaran jarah
jauh.
6.
Manfaat
Penelitian
Manfaat yang diharapkan
dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah:
a.
Sebagai solusi untuk
menghadapi kesulitan yang dihadapi selama pembelajaran jarak jauh.
b.
Siswa dapat lebih aktif
dan meningkatkan prestasi belajar walaupun pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
dilakukan.
c.
Guru memiliki alternatif
dalam penggunaan model dan metode belajar ketika menghadapi proses pembelajaran
jarak jauh.
0 comments: