Wednesday, October 21, 2020

Proposal PTK - PPG

Melihat proposal silahkan klik disini 

A.    PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang Masalah

Pandemi Covid-19 menghantam dunia pada akhir tahun 2019, perkembangan pandemi ini pun akhirnya sampai ke Indonesia dengan dinyatakannya kasus pertama pada bulan Maret 2020. Seluruh negara mengalami kesulitan untuk menghadapi pandemi dan diperkirakan akan tetap berlangsung sampai dengan akhir tahun 2020.

Di tengah pandemi yang terus melaju hingga saat ini tentunya berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Kebijakan social distancing berdampak fatal terhadap kehidupan masyarakat. Salah satu sektor yang terkena dampak adalah sektor pendidikan. Keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memutuskan bahwa proses belajar dari sekolah dilakukan di rumah dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Pembelajaran secara daring diumumkan pemerintah dimulai pada 17 Maret 2020 dan dilaksanakan seluruh sekolah yang ada di Indonesia dari sekolah dasar, menengah hingga perguruan tinggi.

SMK Negeri 1 Simpangkatis yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan hal serupa selama pandemi, yaitu pembelajaran secara daring. Namun, dalam perkembangannya status pelaksanaan pembelajaran berubah seiring dengan perkembangan Covid-19 di daerah masing-masing. Pelaksanaan pembelajaran ini akan mengikuti keputusan yang dibuat oleh tim satgas Covid-19 yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sejak Agustus 2020 pembelajaran dilakukan secara daring dan luring. Kelas di bagi menjadi 2 shift. Dengan ketentuan shift pertama akan melakukan pembelajaran secara daring dan shift kedua melakukan pembelajaran tatap muka. Namun, ketika kasus Covid-19 meningkat di daerah maka metode pembelajaran pun akan berubah menjadi daring kembali. Kelayakan siswa masuk ke sekolah atau tidak akan dipantau langsung dan dipertimbangkan langsung oleh tim gugus tugas Covid-19 Wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini akan sangat bergantung pada zona hitam, merah, kuning, atau hijau yang dihadapi oleh suatu wilayah.

Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan sejak pembelajaran jarak jauh diterapkan khususnya pada siswa kelas XI RPL dalam mata pelajaran Basis data, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain; tingkat kehadiran siswa menurun pada saat pembelajaran berlangsung, penurunan nilai yang signifikan terjadi pada hampir seluruh siswa, motivasi belajar siswa yang menurun untuk melaksanakan pembelajaran.

Berdasarkan permasalah yang ada, maka dibutuhkan metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam menghadapi masa pandemi ini. Mengingat hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan judul: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUCTURE QUERY LANGUAGE MATA PELAJARAN BASIS DATA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING METODE BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 SIMPANGKATIS. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan menjadi solusi terhadap permasalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini.

 

2.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, identifikasi masalah yang terjadi antara lain:

a.     Pada kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran basis data minat belajar siswa menurun.

b.     Pada kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran basis data hasil belajar siswa Menurun.

c.     Pada kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran basis data siswa kurang aktif dalam pemebelajaran dan kehadiran.

 

3.     Analisis Masalah

Berdasarkan uraian di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah:

a.     Menurunnya minat belajar siswa pada mata pelajaran basis data selama pembelajaran jarak jauh

b.     Menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran basis data selama pembelajaran jarak jauh.

c.     Kurangnya keaktifan dan kehadiran siswa pada mata pelajaran basis data dalam pembelajaran jarak jauh

 

4.     Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dilakukan, maka rumusan masalah pada penelitian ini antara lain:

a.     Bagaimana meningkatkan keaktifan dan kehadiran siswa dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Basis Data menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning?

b.     Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Basis Data menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning?

 

5.     Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain :

a.     Menguji penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning pada pembelajaran jarah jauh.

b.     Meningkatkan keaktifan dan kehadiran siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning pada pembelajaran jarah jauh.

c.     Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan metode Blended Learning pada pembelajaran jarah jauh.

 

6.     Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah:

a.     Sebagai solusi untuk menghadapi kesulitan yang dihadapi selama pembelajaran jarak jauh.

b.     Siswa dapat lebih aktif dan meningkatkan prestasi belajar walaupun pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dilakukan.

c.     Guru memiliki alternatif dalam penggunaan model dan metode belajar ketika menghadapi proses pembelajaran jarak jauh.

Previous Post
Next Post

0 comments: